I. Bagian Awal
BIMBEL bersama TFI
“Pengajaran BIMBEL DI SD 08 Kebon Jeruk dalam penerapa Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)”
Kelas: LB11
Nama Dosen: Hermawati
Kode Dosen:
Waktu: Kamis, 12 November 2015
Jam: 08:00 - 10:00
Jumlah peserta: 8
Lokasi: Kebon Jeruk
Anggota yang hadir:
- Jennie Hesti Wijaya - 1801435843
- Deby Astria Yulianti - 1801423736
- Rama Leo Batra - 1801435736
- Aldian Nur - 1801438100
- Ulul Albab - 1801441096
- Muhammad Heryan Arsari - 1801455486
- Fadhil Akbar Nu'man - 1801434866
- Nabila Aninditya - 1801440231
Pada hari Kamis ,5 November 2015 ini adalah minggu ke 5 kami mengajar. Hari ini kami mengajar sebagai full team di kelas 1A. Kami tidak membagi lagi menjadi dua tim.
a. Hari ini adalah bagian matematika, sebelumnya mereka sudah diajarkan mengurutkan angka dari yang terbesar ke terkecil maupun sebaliknya. sehingga kami hanya perlu membantu mengasah pelajaran yang sudah dipelajaari dengan memberikan beberapa soal matematika dan memberi kuis kepada murid-murid kelas 1A. Sebagian dari kami ada yang berkeliling untuk membantu murid-murid dalam menjawab soal atau menjawab pertanyaan jika mereka bertanya dan ada juga yang memberikan soal di depan dan menejalaskannya kepada murid-murid.Setelah mereka menjawab semua soal yang kami berikan, kami meminta mereka baris dan mengumpulkan ke depan dan kami mengkoreksi jawaban mereka, apabila jawaban mereka benar kami memberi permen yupi (pada hari ini kita membawa permen dan yakult untuk dibagi2ka n) dan apabila jawaban mereka salah kami menyuruh mereka membernarkan baru nanti kedepan lagi untuk di periksa dan diberi permen.
| aldi saat membantu menjelaskan murid menjawab soal |
| deby dan nabila memberikan soal dan menjelaskan kepada murid-murid di depan |
| deby dan nabila memberikan soal dan menjelaskan kepada murid-murid |
| jennie saat berkeliling membantu para murid-murid mengerjakan soal yang diberikan |
| ulul saat membantu menjelaskan |
| ryan saat membantu para murid-murid yang bertanya |
| fadhil saat membantu menjelaskan |
| rama saat membantu menjelaskan ke murid yang bertanya |
| nabila saat diminta mengkoreksi jawaban |
b. Persiapan yang kita lakukan sebelum mengajar adalah berkumpul untuk pergi ke SD lalu kami membagi tugas dengan ada yang membantu mengajar murid jika ia belum bisa atau belum mengerti, ada yang memberikan tugas dan membuat soal, ada yang memeriksa jawaban anak-anak jika sudah selesai dan ada yang membantu menertibkan anak-anak yang berisik.
c. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah Classroom.
Hal positif (+)
- Jadi bisa merasakan gimana menjadi guru
- Jadi lebih sabar dalam membimbing anak kecil yang tidak bisa di atur
- Bisa membagi ilmunya selama sekolah 19tahun kepada mereka
- Karena metodenya classroom jadi bisa membaginya ke seluruh murid tidak pilih kasih ke individu2
Hal negatif (-)
- Masih adanya murid yang malu bertanya jika belum mengerti sehingga harus diajarkan satu persatu
- Banyak murid yang masih berjalan kesana-kemari
III. Bagian Penutup
a. Hasil Kegiatan
Sebelum kegiatan :
- adik-adiknya kurang mau bekerja sama
- Masih berisik dan tidak mau mendengarkan
Setelah kegiatan :
- Adik-adiknya lebih mau diatur
- Kita lebih mengetahui tingkah mereka jadi bisa mengatasinya dan bisa tegas
b. Kesimpulan
harus sabar dalam mengajar dan harus bisa mengajar dengan cara atau penyampaian yang menarik agar adik-adiknya antusias ketika kita ajar dan mudah memahami bahasa kita yang tidak seperti guru
c. Next to do
Diminggu selanjutnya merupakan hari terakhir mengajar, dan kita akan memberikan kenang-kenangan sebagai simbol terimakasih kepada guru-guru dan adik-adik


Tidak ada komentar:
Posting Komentar