I. Bagian Awal
BIMBEL bersama TFI
“Pengajaran BIMBEL DI SD 08 Kebon Jeruk dalam penerapa Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)”
Kelas: LB11
Nama Dosen: Hermawati
Kode Dosen:
Waktu: Selasa, 27 October 2015
Jam: 08:00 - 10:00
Jumlah peserta: 5
Lokasi: Kebon Jeruk
Anggota yang hadir:
- Nabila Aninditya - 1801440231
- Fadhil Akbar Nuhman - 1801434866
- Muhammad Heryan Arsari - 1801455486
- Rama Leo Batra - 1801435736
Pada hari Kamis, 29 October 2015 ini adalah minggu ke 3 kami mengajar. Kali ini kami mengajar di kelas 1A.
a. Pada minggu ke 3 ini ketika kami masuk ke kelas 1A, kelas tersebut sedang diberikan tugas oleh gurunya untuk mengerjakan tugas Bahasa Indonesia mengenai nama-nama hari yang ditulis di papan tulis. Lalu, kami membantu menjelaskan nama-nama hari kepada murid-murid dengan menyanyikan nama-nama hari agar murid-murid bisa mudah menghafal karena dengan nada-nada yang membuat senang, dan murid-murid tersebut bisa mengikuti dengan baik dalam menyanyikan nama-nama hari. Selanjutnya kami berkeliling kepada murid-murid membantu menjawab dan menjelaskan mengenai soal tersebut
| fadhil ketika sedang membantu menjelaskan dan mengkoreksi jawaban |
| fadhil saat berbicara di depan mengenai nama-nama hewan dan murid mengikuti ucapannya |
| nabila saat menunjuk murid untuk menjawab soal nama hewan dalam bahasa inggris |
b. persiapan yang kita lakukan sebelum mengajar membagi-bagi tugas ketika nabila menjelaskan di depan fadhil dan ryan berada di antara murid-murid untuk membantu dalam mengikuti pelajaran dan menertibkan murid-murid yang tidak bisa diam. Dan begitu sebaliknya
c. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah Classroom.
Hal positif (+)
- Jadi bisa merasakan gimana menjadi guru
- Jadi lebih sabar dalam membimbing anak kecil yang tidak bisa di atur
- Bisa membagi ilmunya selama sekolah 19tahun kepada mereka
- Karena metodenya classroom jadi bisa membaginya ke seluruh murid tidak pilih kasih ke individu2
Hal negatif (-)
- Masih adanya murid yang malu bertanya jika belum mengerti sehingga harus diajarkan satu persatu
- Banyak murid yang masih berjalan kesana-kemari
- Adanya sebagian murid yang tidak antusias belajar


Tidak ada komentar:
Posting Komentar