Senin, 07 Desember 2015

Laporan Kegiatan Minggu 3 (Kamis)

I. Bagian Awal


BIMBEL bersama TFI
“Pengajaran BIMBEL DI SD 08 Kebon Jeruk dalam penerapa Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)”



Kelas: LB11
Nama Dosen: Hermawati
Kode Dosen:
Waktu: Selasa, 27 October 2015
Jam: 08:00 - 10:00
Jumlah peserta: 5
Lokasi: Kebon Jeruk
Anggota yang hadir:
  1. Nabila Aninditya - 1801440231
  2. Fadhil Akbar Nuhman - 1801434866
  3. Muhammad Heryan Arsari - 1801455486
  4. Rama Leo Batra - 1801435736

 II. Bagian Isi
Pada hari Kamis, 29 October 2015 ini adalah minggu ke 3 kami mengajar. Kali ini kami mengajar di kelas 1A.

a. Pada minggu ke 3 ini ketika kami masuk ke kelas 1A, kelas tersebut sedang diberikan tugas oleh gurunya untuk mengerjakan tugas Bahasa Indonesia mengenai nama-nama hari yang ditulis di papan tulis. Lalu, kami membantu menjelaskan nama-nama hari kepada murid-murid dengan menyanyikan nama-nama hari agar murid-murid bisa mudah menghafal karena dengan nada-nada yang membuat senang, dan murid-murid tersebut bisa mengikuti dengan baik dalam menyanyikan nama-nama hari. Selanjutnya kami berkeliling kepada murid-murid membantu menjawab dan menjelaskan mengenai soal tersebut 
fadhil ketika sedang membantu menjelaskan dan mengkoreksi jawaban


 
nabila ketika sedang menjelasrkan nama-nama hari agar muridnya bisa sambil menjawab soalnya


Lalu Ryan Fadhil dan Nabila mengkelilingi semuanya satu per satu untuk mengkoreksi jawabannya dan lalu membantu murid-murid untuk mengumpulkan nya di meja guru. Setelah selesai mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Kami lanjut mengajar Bahasa Inggris mengenai nama-nama hewan, kami memberi soal nama-nama hewan menggunakan bahasa indonesia lalu menugaskan murid untuk menjawab dengan bahasa inggris, karena banyak yang belum bisa hanya sebagian saja, kami menulis jawabannya dan meminta murid untuk mengikuti apa yang kami sebutkan, dan antusias mereka saat belajar nama-nama hewan sangat semangat, dan kami mengulang-ngulang terus sampai mereka bisa ingat, dan mereka mencatat nama-nama hewan tersebut dibuku tanpa kita suruh. 


fadhil saat berbicara di depan mengenai nama-nama hewan dan murid mengikuti ucapannya




nabila saat menunjuk murid untuk menjawab soal nama hewan dalam bahasa inggris



b. persiapan yang kita lakukan sebelum mengajar membagi-bagi tugas ketika nabila menjelaskan di depan fadhil dan ryan berada di antara murid-murid untuk membantu dalam mengikuti pelajaran dan menertibkan murid-murid yang tidak bisa diam. Dan begitu sebaliknya

c.  Metode pembelajaran yang diterapkan adalah Classroom. 
Hal positif (+)
  • Jadi bisa merasakan gimana menjadi guru
  • Jadi lebih sabar dalam membimbing anak kecil yang tidak bisa di atur
  • Bisa membagi ilmunya selama sekolah 19tahun kepada mereka
  • Karena metodenya classroom jadi bisa membaginya ke seluruh murid tidak pilih kasih ke individu2
Hal negatif (-)
  • Masih adanya murid yang malu bertanya jika belum mengerti sehingga harus diajarkan satu persatu 
  • Banyak murid yang masih berjalan kesana-kemari 
  • Adanya sebagian murid yang tidak antusias belajar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar