I. Bagian Awal
BIMBEL bersama TFI
“Pengajaran BIMBEL DI SD 08 Kebon Jeruk dalam penerapa Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)”
Kelas: LB11
Nama Dosen: Hermawati
Kode Dosen:
Waktu: Selasa, 27 October 2015
Jam: 08:00 - 10:00
Jumlah peserta: 5
Lokasi: Kebon Jeruk
Anggota yang hadir:
- Jennie Hesti Wijaya - 1801435843
- Deby Astria Yulianti - 1801423736
- Rama Leo Batra - 1801435736
- Aldian Nur - 1801438100
- Ulul Albab - 1801441096
Pada hari Selasa, 27 October 2015 ini adalah minggu ke 3 kami mengajar. Kali ini kami mengajar dengan 5 anggota, namun minggu ini kami hanya ditugaskan mengajar di kelas 1b karena dikelas 1a ada kegiatan lain.
a. Hari ini Kami mengajar mengenai waktu karena sebelumnya mereka diberikan tugas membuat prakaya membuat jam. Jadi ketika jam sudah ada, kami langsung mengajari bagaimana melihat jam. Sebagian anak sudah mengerti mengenai jam, namun beberapa anak belum begitu mengerti mengenai jam sehingga kami mengajarnya satu per satu.
| Aldi membantu membacakan soal yang ada di papan tulis |
| Rama membantu dalam mengajar |
| Deby menjelaskan pada murid yang sedang bertanya |
| Jennie memberi penjelasan mengenai materi |
| Ulul membantu murid yang duduk dibelakang |
| Ulul- Deby - Jennie - Rama didepan sekolah |
| Aldi - Deby - Jennie |
b. Persiapan yang kita lakukan sebelum mengajar adalah, membagi kelompok kami menjadi 2 bagian, saya, deby dan aldian betugas mengajar murid yang belum mengerti jam. Ulul dan Rama bertugas memberikan soal dan memeriksa jawaban anak-anak yang sudah selesai menjawab soal yang diberikan
c. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah Classroom.
Hal positif (+)
- Jadi bisa merasakan gimana menjadi guru
- Jadi lebih sabar dalam membimbing anak kecil yang tidak bisa di atur
- Bisa membagi ilmunya selama sekolah 19tahun kepada mereka
- Karena metodenya classroom jadi bisa membaginya ke seluruh murid tidak pilih kasih ke individu2
Hal negatif (-)
- Masih adanya murid yang malu bertanya jika belum mengerti sehingga harus diajarkan satu persatu
- Banyak murid yang masih berjalan kesana-kemari


Tidak ada komentar:
Posting Komentar