I. Bagian Awal
BIMBEL bersama TFI
“Pengajaran BIMBEL DI SD 08 Kebon Jeruk dalam penerapa Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)”
Kelas: LB11
Nama Dosen: Hermawati
Kode Dosen:
Waktu: Selasa, 13 October 2015
Jam: 08:00 - 10:00
Jumlah peserta: 5
Lokasi: Kebon Jeruk
Anggota yang hadir:
- Deby Astria Yulianti - 1801423736
- Jennie Hesti Wijaya - 1801435843
- Nabila Aninditya - 1801440231
- Aldian Nur - 1801438100
- Ulul Albab - 1801441096
Pada hari Selasa, 13 October 2015.
Kelompok kami melaksanakan progam BIMBEL untuk pertama kalinya. Sebelum menulis
laporan lebih jelas, disini kelompok kami ingin menjelaskan bawah kelompok kami
beranggota 8 orang, dan mengajar di SD 08 Kebon Jeruk mengajar kelas 1. Kepala
sekolah sd tersebut meminta kelompok kami dipecah menjadi 2 ada yang mengajar
hari Selasa & Kamis. Terdapat 2 kelas yaitu kelas 1A & 1B dan pada hari selasa ada 5anggota yang mulai mengajar. Dari 5
orang yang mengajar dibagi lagi menjadi tiga-dua.
a. Kelas
1A di bimbing oleh Aldian & Ulul. Kami mengajarkan pelajaran Matematika.
Materi yang diajarkan sesuai dengan yang sudah gurunya ajarkan sebelumnya, kita mereview dan mengulangnya kembali agar murid tersebut lebih paham dan
ingat. Kami juga mengajarkan meraka cara membaca dan menghitung jam dan beberapa anak anak sudah mengerti membaca jam, seperti menunjukan waktu masuk sekolah, waktu istirahat, dan juga waktu pulang sekolah, kami juga memberikan beberapa soal kuis kepada anak anak dan memberikan hadiah bagi mereka yang ingin menjawab soal tersebut sehingga mereka bisa belajar untuk berkompetisi Walaupun murid-muridnya susah di atur, berisik tetapi mereka tetap
mengajarnya dengan tekun karena merupakan tanggung jawabnya untuk mengajar.
![]() |
| Ulul ketika dikelas |
![]() |
| Aldi ketika di kelas |
Kelas 1B di bimbing oleh Deby,
Jennie & Nabila. Kita mengajarkan pelajaran matematika. Pertama2 kita memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum
pembelajaran dimulai. Dan murid-murid sangat antusias dengan kedatangan kami,
sebelum mulai belajar kami menanya terlebih dahulu kepada murid tersebut apat
materi terakhir yang diajarkan oleh guru, tetapi karna itu murid kls 1 mereka masih malu-malu
menjawabnya, akhirnya kita melihat LKS & buku catatan yang ada di meja
guru. Akhinya kita mulai mengajar tambah-tambahan dan pengurangan dengan
menggunakan gambar dan angka. Murid- muridnya sangat susah di atur dan tidak bisa
diam, tapi kita berusaha menghandle agar kelasnya bisa kondusif, kita mulai
belajar menghitung dengan menghitung 1 – 50 dengan suara yang lantang, lalu
setelah itu kita menulis 5 soal di papan tulis dan minta mereka mengerjakan
soal tersebut di kertas selembar, satu per satu soal pun kita bahas, agar
membantu mereka yang tidak bisa, dan kami mendatangi meja murid satu per satu
dan menanyakan bisa atau tidak. Kalau bisa kita check bener atau ga, kalau
tidak bisa kita ajarkan, dan banyak dari mereka memanggil kami untuk menanyakan
bener atau tidak. Lalu setelah mengerjakan soal deby memberikan tebak-tebakan
tambah-tambahan di depan kelas, dan Nabila memeriksa jawaban soal tadi, dan
jennie membantu yang belum selesai mengerjakan.
Tetapi karna melihat kelas semakin berisik karna anak-anaknya
jalan-jalan terus kita membuat kelompok lalu main games tebak-tebakan
penjumlahan dan pengurangan dan mereka sangat semangat sekali dan berebutan
dalam menjawab. Setelah itu mereka semua istirahat dan sebelum keluar kita memberikan
tebak-tebakan yang bisa menjawab dengan benar baru boleh keluar.
| Deby ketika memberi soal |
| Jennie memberi arahan kepada murid yang berisik dibelakang |
| Nabila ketika memberi soal games |
b. Persiapan
yang kita lakukan sebelum mengajar adalah, membagi kelompok kami menjadi 2
bagian, dan membaginya sempat kebingungan karna kita terdiri dari dua kelas
yang berbeda, jadi bentrok di hari kuliah nya & jam kuliahnya, akhirnya
kita memutuskan memilih di hari selasa dan kamis karna di selasa ada yang libur
dan kamis ada yang masuk sore jadi waktunya yang pas selasa dan kamis, lalu
setelah bisa memutuskan pembagian kita briefing
mengenai materi yang akan di sampaikan, dan kita mencari info & melalui
google materi kelas 1SD, karna kita sudah lupa apa yang harus di ajarkan untuk
murid kelas 1SD. Setelah kita selesai
mengajar kita berbagi cerita bagaimana tadi kesan dan pesannya mengajar dan
kita mengambil kesimpulan yang baik untuk di terapkan di minggu selanjutnya.
c. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah Classroom.
Hal positif (+)
- Jadi bisa merasakan gimana menjadi guru
- Jadi lebih sabar dalam membimbing anak kecil yang tidak bisa di atur
- Bisa membagi ilmunya selama sekolah 19tahun kepada mereka
- Karena metodenya classroom jadi bisa membaginya ke seluruh murid tidak pilih kasih ke individu2
Hal negatif (-)
- Kurang tenaga pengajar dikelas untuk menghandle
- Masih adanya murid yang malu bertanya jika belum mengerti
III. Bagian Penutup
a. Hasil Kegiatan
Sebelum kegiatan :
- adik-adiknya kurang mau bekerja sama
- Masih berisik dan tidak mau mendengarkan
Setelah kegiatan :
- Adik-adiknya lebih mau diatur
- Kita lebih mengetahui tingkah mereka jadi bisa mengatasinya
b. Kesimpulan
c. Next to do
Kami akan melakukan print out materi pelajaran dan mengajarkan pekenala diri dengan bahasa inggris.




Tidak ada komentar:
Posting Komentar